BISNIS ONLINE MEMBUAT EBOOK – Internet menghadirkan banyak inovasi di dalam kehidupan manusia, salah satunya bisnis. Dengan kehadiran internet berbagai ide bisnis baru bermunculan. Misalnya bisnis toko online, jasa freelance online, hingga jualan buku secara online. Jualan buku dalam bentuk fisik dapat dilakukan secara online maupun offline. Namun, saat ini bentuk buku tidak hanya berupa eksemplaran saja, tapi juga dalam bentuk buku digital.

Di indonesia keberadaan buku digital memang belum banyak dilirik oleh masyarakat Indonesia. Masyarakat Indonesia masih banyak yang mengharapkan mendapatkan buku digital secara gratisan daripada membeli. Namun, saat sebuah buku digital tidak dijual versi fisik nya dan pengguna sangat memerlukan buku tersebut, maka tidak mungkin mereka tidak akan membeli buku tersebut dalam versi ebook.

Di saat itulah bisnis ebook dapat dijalankan. Bisnis ini dapat menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan bagi pelaku bisnis di internet. Sebelum memulai bisnis ebook, beberapa hal berikut harus kamu ketahui.

bisnis online membuat ebook

bisnis online membuat ebook

BISNIS ONLINE MEMBUAT EBOOK

Kelebihan dan Kekurangan Berbisnis E-Book

Dalam menjalankan sebuah bisnis pasti ada sisi posifi yang akan menguntungkan dan sisi negatif yang akan merugikan pebisnis. Sebelum memulai bisnis ebook ada baiknya untuk memahami terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan menjadikan ebook sebagai bisnis. Kelebihan dari memilih membuat bisnis e-book dibandingkan berbisnis buku dalam bentuk cetakan adalah:

  1. Ebook dapat diproduksi dengan cepat tergantung pada topik yang dipilih dan tujuan yang dibuat. Proses pembuatan ebook tidak akan sesulit mencetak buku dalam bentuk fisik karena tidak perlu menunggu proses percetakan buku. Jika skrip sudah selesai dibuat, ebook dapat dibuat dengan mengubah skrip menjadi bentuk pdf.
  2. Publikasi yang terjangkau. Banyak sumber yang akan mempublikasikan dan mendistribusikan ebook ke retailer ebook mayor. Penulis dapat bekerjasama dengan beebrapa distributor yang bermitra dengan retailer besar seperti Amazon. Penulis juga dapat memasarkan ebook melalui website atau sosial media yang tentu tidak akan memakan biaya yang banyak dan dapat menjangkau banyak audiens.
  3. Dapat meningkatkan kredibilitas penulis di pasar buku. Masyarakat akan sangat terkesan jika seorang penulis dapat memasarkan bukunya di toko online, seperti Amazon, Barnes, atau Noble. Marketplace-marketplace ini merupakan retailer yang menjual berbagai macam ebook yang pastinya penulis butuh sebuah ebook untuk dapat menembus marketplace tersebut. Persaingan untuk dapat menjual buku di retailer tersebut pun tidak mudah. Sehingga, sangat membanggakan bagi penulis yang ebooknya dapat dijual di retailer besar seperti itu.
  4. Menawarkan pemasukan baru bagi bisnis yang dijalankan oleh penulis. Misalnya penulis merupakan seorang juru masak, dengan menerbitkan sebuah ebook tentang masakan, maka income sang juru masak dapat bertambah dari ebook yang dijualnya.
  5. Ebook merupakan sistem bisnis yang pasif. Cukup sekali menulis dan dipublikasikan, maka pendapatan dari penjualan ebook akan terus masuk ke rekening penulis.

Baca Juga : 7 Cara Bisnis Ebook Yang Wajib Kamu Ketahui

Selain beberapa kelebihan tersebut, bisnis ebook juga memiliki beberapa kekurangan, yaitu:

  1. Pasaran ebook cukup menjenuhkan dan cukup sulit untuk membuat buku dikenal orang banyak. Pebisnis ebook harus benar-benar menyediakan banyak waktu dan ilmu untuk dapat menembus penjualan buku yang banyak.
  2. Kualitas dari konten yang disajikan sangat krusial bagi ebook. Penulis tidak bisa membuat ebook dengan tergesa-gesa dan berharap dapat terjual dan mendatangkan untung. Ebook yang laku di pasaran merupakan ebook yang memiliki kualitas konten yang baik dan bermanfaat bagi pembaca.
  3. Ebook dihargai lebih murah daripada buku hasil cetakan. Untuk menghasilkan pendapatan yang besar, tentu harus banyak buku yang terjual.

Kunjungi juga : https://www.tutorialbisnisonline.net/

Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan pada Ebook yang akan Dibisniskan

Guna kesuksesan sebuah bisnis, tentu terdapat beberapa hal yang sebaiknya dilakukan untuk membuat bisnis dapat berjalan sesuai keinginan dan menghasilkan keuntungan. Juga terdapat beberapa hal yang sebaiknya dihindari agar tidak mendatangkan kerugian bagi pebisnis tersebut. Beberapa hal berikut boleh dan juga tidak boleh  dilakukan saat menerbitkan dan memasarkan ebook yang telah dibuat:

  1. Jangan Menghabiskan Banyak Tenaga Untuk Membuat Ebook

Hanya karena akan menerbitkan sebuah ebook, jangan sampai penulis stress dan kelelahan karena membuatnya hanya dalam satu waktu. Ebook tidak dapat diselesaikan proses penulisan ataupun pemasarannya hanya dalam satu waktu saja. Buatlah schedule untuk menulis ebook dan penulis dapat menyelesaikan ebook tersebut dengan baik kemudian menjualnya.

Penulis hanya butuh untuk membuat outline dari buku tersebut sebagai panduan penulisan, membuat schedule utnuk menulis, membuat strategy pemasaran ebook yang akan dibuat, dan membuat deadline pengerjaan semuanya tersebut, serta menentukan tanggal publikasi ketika ebook siap untuk dipasarkan.

Hal tersebut hanyalah masalah mengatur waktu setiap hari untuk membuat ebook. Penulis tidak dapat menulis ebook ketika merasa memiliki keadaan hati sedang baik atau sedang memiliki “mood” untuk menulis karena dijamin ebook tidak akan terselesaikan dengan cara yang demikian itu.

  1. Pilihlah topik ebook yang penulis ketahui dengan baik

Saat menyelesaikan penulisan dan melakukan pemasaran, pilihlah topik yang dapat membuat penulis menyelesaikan semua proses dengan rasa kepercayaan dan otoritas serta merasakan passion yang dimiliki pada buku yang ditulis. Bukan ide yang bagus untuk menulis sebuah buku hanya karena merasa bahwa mungkin buku dengan tema tersebut akan laku di pasaran dan menjadi best-seller.

Baca juga : Cara Menulis Ebook Online Yang Baik dan Menarik

Penulis harus mengingat bahwa selalu bisa melakukan outsource tulisan ke ahli yang mengerti dengan bidang tersebut. Membuat ebook yang sesuai dengan bidang yang ditekuni juga akan meningkatkan citra penulis sebagai orang yang professional di bidang tersebut. Misalnya seorang dosen matematika akan dianggap lebih mumpuni saat ia sudah menerbitkan buku tentang matematika atau pengajaran matematika di sekolah.

  1. Jangan menuliskan kalimat-kalimat yang susah dipahami

Pastikan semua kata dan kalimat yang dituliskan di dalam buku mudah untuk dibaca dan dipahami. Hal yang baik dalam menulis ialah menuliskan kalimat dalam bentuk percakapan sehari-hari daripada menuliskannya dalam kata-kata atau kalimat yang lebih akademis. Banyak penulis yang merekomendasikan untuk menulis dengan kata-kata yang eight-grade level atau tulisan dapat dimengerti bahkan oleh anak umur 8 tahun sekalipun.

Kalimat-kalimat di buku yang ditulis akan lebih mudah untuk dipahami jika ditulis dengan kata-kata yang tidak terlalu akademis dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Jangan lupa untuk proofreading

Melakukan pengecekan dua kali untuk kesalahan gramatikal, kesalahan penulisan, dan sebagainya akan sangat bagus untuk ebook yang akan diterbitkan, terutama untuk yang ingin dibisniskan. Penulis juga dapat meminta bantuan kepada teman yang dapat dipercaya dalam mengoreksi tulisan atau kepada dosen yang ahli di bidang proofreading untuk mengecek ulang ebook sebelum dipublikasikan.

Tidak ada kesalahan yang lebih fatal yang dapat dilakukan oleh pebisnis ebook selain mempublikasikan ebook yang penuh dengan error karena akan menghilangkan kepercayaan pembaca, menyebabkan permintaan pengembalian dana dan review yang buruk terhadap ebook yang dibuat.

  1. Buatlah layout dan cover yang professional

Hanya karena ebook dibuat dengan self-pubishing tidak berarti hal ini dilakukan seperti seorang amatiran dalam menerbitkan buku. Jika memang penulis kesulitan dalam membuat layout dan cover ebook yang akan diterbitkan, penulis dapat mencari freelance yang dapat melakukan hal tersebut.

Terdapat beberapa website yang menyediakan jasa graphic designer professional untuk membuat cover dan layout buku berdasarkan keinginan penulis dan dana yang dimiliki oleh penulis tersebut. Jangan sampai ebook yang diterbitkan memiliki standar yang biasa saja karena diterbitkan secara self-publishing. Buatlah tampilan ebook bahkan setara dengan buku yang dicetak dalam bentuk fisik.

Itu beberapa hal yang harus diketahui sebelum memulai bisnis ebook. Jika merasa bisnis ini sangat cocok untuk dijalankan, tidak ada salahnya menjadikan ebook sebagai salah satu sumber pendapat baru.