Hal Yang Harus Dihindari Dalam Memulai Bisnis Ebook –  Hi, pejuang bisnis. Bagaimana dengan bisnis kalian. Semoga berjalan lancar-lancar saja ya. Berbisnis bagi sebagian orang bukan hanya sekadar bagaimana tentang cara meraup keuntungan. Namun, bagi sebagian orang yang gemar akan bisnis hal tersebut akan dijadikan sebuah hobi.

hal yang harus dihindari dalam memulai bisnis ebook

hal yang harus dihindari dalam memulai bisnis ebook

Hal Yang Harus Dihindari Dalam Memulai Bisnis Ebook

Memulai sesuatu yang kita sukai tentu saja akan sangat menyenangkan apalagi jika sesuatu tersebut sesuai dengan bidang keahlian kita. Begitu banyak peluang bisnis yang dimanfaatkan secara online dengan media internet, tentu saja hal tersebut didukung oleh kecanggihan teknologi dalam hal mengembangkannya.

Bagi pelaku bisnis tak boleh ada istilah ketinggalan zaman, terutama pada pelaku bisnis yang berbasis onlne. Mereka dituntut untuk terus update tentang perkemabangan zaman. Dalam artian pelaku bisnis online harus mengikuti trend kekinian.

Baca Juga : Keuntungan Bisnis Ebook

Memulai bisnis yang berbasis tulisan kerap banyak dilakukan oleh kebanyakan orang dari semua kalangan terutama dalam kalangan penulis. Salah satu jenis bisnis yang dapat meraup keuntugan tinggi dengan modal rendah ialah dengan bisnis ebook.

Memulai bisnis ebook merupakan suatu hal yang sangat sederhana namun memerlukan strategi yang matang agar bisnis tersebut dapat mencapai tujuannya. Namun terlepas dari semua itu ada beberapa hal yang harus dihindari dalam memulai bisni ebook.

Dimana hal-hal tersebut memiliki dampak yang besar bagi dalam keberhasilan bisnis ebook. Oleh karena itu bagi kamu yang ingin memulai bisnis ebook pastikan bahwa 10 hal ini kamu hindari dalam bisnis ebook kamu. Penasaran? Berikut 11 hal yang harus dihindari dalam memulai bisnis ebook.

  1. Memulai bisnis tanpa memilki rencana

Bisnis tanpa rencana? Tidak akan berjalan dengan baik bukan? Tentu saja karena awal dari memulai ialah dengan berencana. Apabila rencana telah disusun dan terkonsep dengan rapi barulah bisnis dapat dijalankan. Bahkan bisnis yang berjalan dengan rencana yang matang saja belum tentu dapat mencapai keberhasilan.

Lantas  bagaimana dengan memulai bisnis tanpa rencana? Tentu akan banyak gejolak masalah yang akan timbul, sehingga presentasi kerugian akan semakin tinggi. Orang yang gagal merencanakan sesuatu merupakan orang yang gagal dalam mengerjakannya. Jadikan kata-kata itu menjadi tolak ukur bagi kamu. Sehingga memiliki rencana bukanlah sekadar tuntutan dalam bisnis namun hal tersebut yang akan memandu kamu dalam menjalankan bisnis.

Ibaratkan dalam sebuah event acara rencana merupakan draft dari susunan-susunan acara tersebut. Jadi masih berkeinginan memulai bisnis tanpa rencana? Kubur dalam-dalam keinginan tersebut.

Intinya jangan sampai kamu memulai bisnis tanpa memiliki rencana karena kamu tidak akan mendapatkan solusi yang tepat apabila kamu terlibat dalam sebuah permasalahan bisnis, kamu juga akan cenderung kesulitan untuk menjalankan bisnis. Memulai bisnis tanpa memiliki rencana merupakan poin penting yang harus kamu hindari.

  1. Tidak memiliki strategi yang matang

Tongak awal keberhasila bisnis ialah strategi. Meski ebook kamu tergolong berkualitas dari sisi isi, tampilan serta lainnya namun jika tidak ditunjang oleh strategi marketing yang matang maka akan membuat kamu berada dalam kesulitan untuk memasarkan ebook yang kamu miliki.

Setiap apapun dalam dunia bisnis haruslah memiliki strategi yang matang guna untuk mempermudah promosi dan dapat meningkatkan angka penjualan. Jadi, jangan coba-coba bisnis tanpa strategi, hindarilah hal tersebut dalam bisnis yang kamu jalankan.

Baca Juga : Tips Memulai Bisnis Ebook Bagi Pemula

  1. Tidak mengkhawatirkan uang

Salah satu hal yang harus kamu hindari ialah tidak mengkhawatirkan uang. Meski pada bisnis ebook sebagian orang membuat system ebook gratis dalam mendownloadnya namun ketahuilah bahwa mereka juga memiliki cara untuk menghasilkan uang melalui situs ebook yang mereka miliki.

Dimana mereka bisa menawarkan produk maupun jasa yang mereka hasilkan sendiri atau wujud kerjasama dengan pihak lain. Dengan begitu meski ebook yang tersedia dalam ketegori gratis namun dibalik gratis itu mereka juga mendapatkan penghasilan darinya.

Jadi, jikalau kamu mengambil metode ebook yang seperti itu maka cerdaslah untuk memanfaatkan peluang dengan meraih keuntungan yang tinggi. Kamu perlu untuk mengkhawatirkan uang karena inti dari berbisnis ialah mendapatkan penghasilan.

  1. Mematok harga terlalu rendah

Harga yang ditwarkan terlalu rendah juga harus kamu hindari. Kamu dapat menetapkan harga sesuai dengan target sasaran konsumen ebook kamu. Meski dmeikian kamu tidak harus rugikan? Hitunglah presentasi pengeluaran yang kamu keluarkan untuk ebook tersebut.

Ide merupakan sesuatu yang bernilai tinggi karena tidak semua orang memiliki ide yang cemerlang untuk menghasilkan karya tulis yang luar biasa. Patoklah harga yang sesuai dan tidak merugikan.

  1. Mengabaikan layanan pelanggan

Layanan pelanggan adalah salah satu komponen penting dalam ebook yang tak boleh kamu abaikan, karena darisanalah kamu dapat berinterkasi dengan konsumen ebook kamu.

Dengan begitu kamu dapat mengetahui setiap kebutuhan mereka melalui komentar-komentar sehingga kamu harus aktif dalam layanan pelanggan tersebut. Terlebih lagi hal tersebut akan membuat citra situs ebook yang kamu miliki akan baik.

Memiliki pelayanan yang baik dan ramah merupakan daya tarik tersendiri bagi konsumen atau pelanggan. Jdai, hal tersebut bukanlah hal yang dapat kamu abaikan.

  1. Tidak memanfaatkan media social

Kesalahan ini merupakan kesalahan besar yang mengakibatkan sulitnya meningkatkan angka penjualan. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa angka pengguna media social merupakan angka tertinggi dari pengguna media internet.

Oleh sebab itu kamu tidak boleh melewatkan media social sebagai ajang promosi ebook kamu. Kesempatan untuk meraih pendapatan akan semakin besar jika situs ebook mampu tersebar dengan luas. Manfaatkan media social sebagai ladang untuk mencapai tujuan tersebut.

  1. Mengabaikan arus kas

Arus kas yang tidak terkontrol dengan baik akan menyebabkan kamu kesulitan dalam mengatur keuangan. Dalam berbisnis kamu harus pandai dalam mengatur arus kas agar kamu tidak rugi akan bisnis yang kamu jalani. Olah karena itu janganlah mengabaikan arus kas. Catatlah setiap pengelauaran dan pemasukan dari setiap pendapatan dalam bisnis.

  1. Berpikir strategi orang lain cocok dengan kamu

Jangan pernah berpikir bahwa strategi orang lain memiliki tingfkat kecocokan yang tinggi pada bisnis ebook kamu. Ingatlah bahwa tidak semua strategi pesain akan cocok kamu gunakan.

  1. Takut mengambil resiko

Resiko dalam berbisnis pastilah ada, walau bisnis ebook memiliki resiko yang rendah namun tak menutup kemungkinan akan banyak resiko yang ditimbulkan apabila kamu tidak dapat mengelolanya dengan baik.

Namun, terlepas dari semua itu beranilah untuk mengambil resiko apapun. Kamu tidak akan mengalami kemajuan dalam bisnis jika takut untuk mengambil resiko.

Baca Juga : Manfaat Menulis Ebook Bagi Pengusaha Online

  • Tidak fleksibel

Dalam berbisnis ebook kamu harus fleksibel dengan mengikuti trend, sehingga hal tersebut akan banyak dicari oleh orang. Jika kamu tetap atau statis maka bisnis ebook kamu akan ketinggalan zaman.

  • Tidak Memiliki ISBN dari Perpusnas

Ebook yang Anda tulis adalah salah satu karya Anda. Tentunya Anda tidak mau apa yang sudah Anda tulis di copy dan di duplicate sama orang yang tidak bertanggung jawab. Untuk itu ebook Anda perlu memiliki ISBN agar terlindungi dari plagiat dan memiliki hak cipta.

Untuk mendapatkan ISBN Anda bisa langsung mendaftarkan ke perpusnas namun syaratnya Anda harus punya badan usaha minimal CV. Namun untuk Anda yang tidak mau susah dan menghabiskan dana yang besar, Anda cukup gunakan Jasa Penerbitan ISBN dari pihak ketiga seperti Jasa Pembuatan ISBN Murah dari penerbit ini.

Nah dari 11 hal diatas, maka selaku pelaku bisnis kamu harus menghindari hal-hal demikian karena beberapa hal yang sudah dijelaskan diatas tentu saja akan menimbulkan dampak kerugian pada bisnis ebook yang kamu jalankan bahkan akan menjadi factor penghambat kemajuan bisnis ebook yang kamu jalankan. Oleh sebab itu hal –hal tersebut hindarilah dengan semaksimal mungkin karena menjalankan bisnis tanpa tantangan tentu saja tidak mungkin maka dari itu untuk meminimalisir tingkat tantangan dalam bisnis ebook kamu kamu dapat menghindarkan hal-hal yang sudah dijelaskan pada setiap poin diatas. Semoga bermanfaat !! J